Senin, November 12, 2007

Mutiara Hati

Amati Pikiranmu Karena Akan Jadi Ucapanmu
Amati Ucapanmu Karena Akan Jadi Tindakanmu
Amati Tindakanmu Karena Akan Jadi Kebiasaanmu
Amati Kebiasaanmu Karena Akan Jadi Karaktermu
Amati Karaktermu Kerena Boleh Jadi Akan Menentukan Nasibmu


Kata-kata mutiara itu terpampang jelas di tembok sebuah ruang tunggu ruang pemasaran dan ticketing pusat rekreasi keluarga dan outbond di kawasan Jati Warna Pondok Gede. Meskipun hanya tertulis di dua lembar kertas kuarto yang disambung memanjang dan ditempel di whiteboard, menurut saya makna yang terkandung di dalamnya sangat berarti.

Bayangkan saja kalau dirunut dari atas ke bawah dan coba kita buat shortcut cara bacanya maka hanya dengan pikiran saja, bisa jadi akan menentukan nasib. Sebagai contoh orang yang selalu punya pikiran jorok (pikjor) dapat dibayangkan bahwa nasibnyapun akan jorok dan orang yang membiasakan diri mempunyai pikiran yang cemerlang dan bersih, nasibnya akan berakhir dengan cerah.

Makanya biasakan punya pikiran yang jernih, maka otakpun akan cemerlang, hati akah bening. Dengan begitu akan banyak teman yang mendekat, karena tutur dan ucapannya adalah yang baik dan bermanfaat, tidak menyakiti perasaan orang.

Awalnya saya tidak melihat relevansi antara tulisan yang tertempel di dinding itu dengan aktifitas yang ada pada pusat rekreasi keluarga ini. Tapi setelah melalui proses penerungan yang tidak terlalu lama, kutemukan benang merahnya, yaitu karena fasilitas yang tersedia di dalam pusat rekreasi keluarga ini lebih banyak diperuntukkan bagi tunas-tunas dan praja-praja calon penerus cita-cita bangsa. Dalam pusat rekreasi keluarga itu ada arena outbond anak2, kolam renang, outbond dewasa dan wisma penginapan.

Karena letaknya yang strategis maka siapapun yang sedang berada di ruang tunggu dan ticketing akan menangkap deretan huruf-huruf yang terangkai menjadi bait-bait indah penuh makna.

Sungguh bijak perangkai kaimat itu, semoga Allah melimpahi barokah terhadapnya.

1 komentar:

thessi mengatakan...

Subhanallah, boleh saya copy ke blog saya kan pak! Pasti boleh ^-^.Makasih pak!